Memilih Tenda Camping Outdoor yang Bernilai

Berikut mudah-mudahan trik memilih tenda yang tepat untuk pendakian gunung.

01- Tinggi Tenda
Tenda untuk pendakian gunung cenderung konstruksinya lebih rendah dari pada tenda untuk alat camping, ini dikarenakan untuk lebih tahan kepada tiupan angin yang lebih kencang didaerah ketinggian gunung ketimbang lokasi camping yang berada lebih rendah di kaki gunung. Pilihlah tenda alat camping yang lebih rendah konstruksinya.

Memilih Tenda Camping Outdoor yang Bernilai

02- Bahan tenda
Perhatikan bahan tenda pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda yang terbuat dari kain katun bahan tahap dalamnya (inner) terbuat dari katun, apabila tenda ini dipakai digunung yang tinggi yang bersuhu lembab bakal sangat dingin sekali, tenda ini tak dapat memberbagi isolasi yang baik bagi penghuninya. Tenda dengan bahan tipe ini hanya tepat dipakai untuk camping.

03- Lembar Flysheet
Tenda untuk pendakian gunung wajib memiliki lembar flysheet nya, kecuali tenda yang single tent yang terbuat dari bahan breathable garmen yang dapat menahan air tapi kondensasi dalam tenda dapat keluar. semacam tenda keluaran merek Bibler bakal namun harga tenda pleton dengan bahan tipe semacam ini mahal sekali. Flysheet sangat berkegunaaan untuk melindungi tenda equipment outdoor tahap dalam dari hujan, flysheet yang keren merupakan yang menutup tenda sampai kebawahnya. Hindari menggunakan tenda camping yang tak memiliki flysheet.

04- Jarak flysheet serta tahap dalam tenda
Perhatikan juga jarak antara flysheet serta diding tenda dome umpama, jarak yang keren merupakan satu jengkal sebab dengan begitu tahap dalam tenda tak menempel dengan flysheet serta apabila hujan lebat tahap dalam tenda tak ikut basah oleh flysheet, yang dapat menyebabkan kebocoran juga, jarak yang keren antara flysheet serta tahap dalam tenda bakal memungkinkan uap kondensasi dari dalam tenda hilang tertiup angin jadi tak tertampung di tahap dalam flysheet yang water proof, Apabila tertampung pada tahap dalam flysheet bakal berubah menjadi titik air serta kembali jatuh kebagian dalam tenda. Kadang inilah yang kami sangka tenda equipment outdoor bocor sewaktu hujan, padahal tendanya tak bocor alias bolong sama sekali.

05- Guylines alias tali pengencang
tenda camping pendakian gunung tentu bakal memiliki tali-tali pengencang pada tahap tertentu yang berkegunaaan untuk ketahanan tenda dalam menghadapi angin di gunung. tali-tali ini umumnya oleh pabrik tenda ditempatkan pada titik-titik frame konstruksi tenda yang berkegunaaan memberbagi kekuatan tambahan pda frame supaya tak patah.

06- ruang penyimpanan
Teras alias istilah kerennya vestibule tenda dome, merupakan bonus istimewa untuk tenda pendakian gunung, sebab tidak hanya dapat dijadikan tempat penyimpanan barang, vestibule dapat dijadikan dapur saat cuaca jelek serta tak memungkinkan untuk memasak di luar tenda.

07- bentuk tenda
hindari memilih tenda yang mempunya tahap terbuka / menganga, apalagi tahap atas, sebab bakal jadi "santapan" angin. Tepat memilih tempat jual tenda juga menjadi salah satu hal memilih tenda keren.

08- bahan alas tenda
tidak sedikit yg berpikiran, bahan terpal lebih keren. gak juga tuh. udah tak sedikit kejadian tenda camping yg bawahnya pake bahan terpal gak jaminan leluasa dari rembesan air. contohnya bahan yg dipakai di tenda ultralight (sejenis nylon), mesikipun tipis tapi dapat menahan rembesan air. untuk menyiasati bahan yg tipis, dapat dipakai footprint tenda untuk mengurangi gesekan dengan tanah / material bawah tenda

09- BERAT serta dimensi
pilihlah tenda yang masuk akal beratnya serta dimensi yang kecil pada saat di packing. tidak hanya untuk kepraktisan juga sangat menolong ketika wajib dibawa-bawa dalam carrier.